Kapankah Iklan Muncul Pertama Kali di Indonesia ?

Kapan Kah Iklan Muncul Pertama di Indonesia ?

Sering kita dengar mengenai kata "Iklan", mulai dari Pemasangan iklan Koran, Pemasangan Iklan Majalah, Pemasangan Iklan Tabloid hingga Pemasangan Iklan Digital atau Iklan Online. Tapi coba tes wawasan Anda .. sejauh apakah Anda Tahu tentang Sejarah Iklan di Indonesia ? Jreng Jreng..

 

Ayo coba jawab pertanyaan Mimin ya ..

- Mulai Kapan kah Iklan Muncul di Dunia dan di Indonesia ?

- Apakah Belanda atau China atau Pribumi Indonesia yang mendirikan perusahaan iklan di Indonesia ?

- Adakah hubungan iklan dengan perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia ?

 

Hehehe..kok jadi diam ?

Singkat saja.. HANYA 2 menit saja kok.. yuks kita baca dengan khusyuk Sejarah Singkat Tentang Iklan di Dunia dan juga di Indonesia

 

Mulai Kapan kah Iklan Muncul di Dunia dan di Indonesia ?

Terbitnya iklan di Surat Kabar telah ada sejak tahun 1704. Iklan yang bisa dikatakan iklan pertama di dunia ini dimuat di Koran Boston News Letter dan memuat mengenai penjualan sebuah rumah di Long Island Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri iklan lahir bersamaan dengan lahirnya suratkabar / Koran. Koran pertama yang muncul di Indonesia sebenarnya adalah kepunyaan Belanda yaitu Bataviaasche Nouvelles pada tahun 24 April 1778.

Koran asli Belanda ini  berisikan banyak pengumuman resmi pemerintahan seperti iklan lelang, perdagangan.  Beragam iklan produk pun ditampilkan namun khusus untuk kalangan atas seperti Mentega, Cerutu, Bir dan kebutuhan makanan minuman lain.

 

Apakah Belanda atau China atau Pribumi Indonesia yang mendirikan perusahaan iklan di Indonesia ?

Karena saat itu Surat Kabar juga dikeluarkan dari Belanda maka perusahaan Iklan pertama di Indonesia pun masih dimiliki oleh Belanda. Nama perusahaan iklan tersebut adalah Aneta yang berdiri tahun 1901.

Baru kemudian banyak perusahaan iklan yang bermunculan, salah satu yang termahsyur adalah yang dimiliki oleh Etnis Tioghoa bernama Liem Kha Tong. Beliau memhami betul esensi dari mengiklankan suatu produk sehingga Beliau pun membuat suatu tulisan yang sangat terkenal saat itu "Advertentie (periklanan) dan Perdagangan" berikut tulisan beliau :

 

Advertentie poenja kaperloean soedah kentara, kerna advertentie perloenja boeat perkenalken barang-barang dagangan kita pada publiek. Kaloe barang jang kita dagangken tidak dikenal,bagaimana bisa dapatken pembeli?

Dimana ditekankan oleh Bapak Liem bahwa Iklan itu bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk dagangan supaya akhirnya ramai-ramai dibeli oleh masyarakat

 

Adakah Hubungan Iklan dengan Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia ?

Di tahun 1930-an di Semarang terdapat Perusahaan Periklanan bernama Mardi Hoetomo. Pemiliknya bernama Hendromartono yang terkenal menciptakan iklan-iklan menarik di zamannya.

Di tahun 1942, Hendromartono mulai aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui Slogan "Boeng, Ayo Boeng," menjadi sangat terkenal.

Karena suatu hal, akhirnya beliau harus menutup perusahaan iklan tersebut.  Namun Slogan tersebut dipakai di kemasan Rokok yang diproduksi local di Jawa Timur. Dan di saat era Soekarno , slogan tersebut menjadi inspirasi bagi pelukis Affandi untuk menggugah semangat juang pemuda pemudi.

 

Nah lumayan bertambah kan wawasan kita tentang sejarah iklan. 

 

Saat ini banyak perusahaan iklan di Indonesia baik cetak maupun digital.

Pusatpemasanganiklan.com menerima pemasangan iklan media cetak baik untuk penerbitan Nasional maupun Lokal Daerah dari Aceh hingga Papua ; Pemasangan Iklan Baris Maupun Display. Beragam Paket Iklan dengan Harga Hemat pun tersedia di pusatpemasanganiklan.com.

 

Pemasangan iklan di pusatpemasanganiklan.com dapat melalui website kami (klik order sekarang) atau melalui email di [email protected] atau melalui whatsapp di +6287771438969

 

Untuk Penerbitan Nasional, pusatpemasanganiklan.com telah menjadi mitra dengan Koran-koran nasional. Pusatpemasanganiklan.com menerima pemasangan iklan kompas, pemasangan iklan media Indonesia, pemasangan iklan the Jakarta post, pemasangan iklan bisnis Indonesia, pemasangan iklan seputar Indonesia, pemasangan iklan indopos dan pemasangan iklan republika.

 

Untuk penerbitan daerah, pusatpemasanganiklan.com pun telah bermitra dengan Media - Media Lokal Daerah seperti Bali Post, Kaltim Pos, Tribun Grup, Radar Grup, dan Grup JPNN (Jawa Pos Network) lainnya.

 

Penulisan artikel tentang sejarah surat kabar dan iklan di Indonesia adalah bagian dari komitmen pemasanganiklan.com dalam turut menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia yang menurut survey BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2012 hanya 17,58% masyarakat Indonesia yang gemar membaca buku, Koran dan majalah. Padahal kita semua tahu bahwa salah satu ciri bangsa maju adalah bangsa yang suka membaca dan menulis.

 

Sumber :

http://alfieqbulll.blogspot.co.id/

https://bincangmedia.wordpress.com/tag/sejarah-iklan-di-indonesia/

http://wisbenbae.blogspot.com/2012/01/ini-lho-iklan-pertama-di-dunia.html