tips jitu iklan lowongan

 

proses rekruitment ini seringkali melelahkan karena banyaknya kandidat yang melamar pekerjaan namun tidak sesuai dengan kriteria lowongan yang dibuka, oleh karena itu untuk meminimalisasikan hal tersebut anda harus membuat iklan lowongan kerja yang menarik untuk perusahaan anda.

ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat iklan lowongan kerja agar terlihat menarik bagi calon pelamar, diantaranya :

 

logo dan deskripsi perusahaan

logo dan deskripsi perusahaan merupakan salah satu faktor yang membuat sebuah lowongan kerja menjadi menarik, sebab setiap kandidat tentunya ingin mengetahui apa bidang industri, sudah berapa lama berdiri, apa saja prestasi yang sudah diraih perusahaan tersebut dan lain - lain. informas mengenai perusahaan tersebut sangat dibutuhkan bagi pelamar untuk meyakinkan diri mereka bahwa perusahaan tersebut sudah "mature" atau belum sehingga mereka merasa terjamin bila bekerja disana. deskripsi perusahaan ini juga mencerminkan apakah sebuah perusahaan ini adalah perusahaan yang baik atau perusahaan yang suka menipu pelamar kerja, karena banyak perusahaan yang menipu tidak menampilkan logo dan deskripsi perusahaan mereka untuk mengelabui pelamar kerja.

 

job description

banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tetapi tidak mencantumkan job description yang akan dilakukan oleh pelamar dan hal ini tentu saja akan membuat pelamar menjadi ragu untuk melamar lowonga  kerja yang anda pasang walaupun mungkin kriteria yang dibutuhkan memenuhi kualifikasi mereka. informasi ini wajib dicantumkan dalam setiap iklan lowongan kerja yang anda pasang untuk memperjelas kepada merea seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan oleh mereka nanti, dari informasi inilah pelamar akan menentukan apakah mereka mampu mengerjakan pekerjaan tersebut atau tidak, sehingga meminimalisasikan jumlah kandidat yang tidak mampu sehingga akan mengurangi jumlah kandidat yang tidak sesuai sekaligus mengurangi pekerjaan anda dalam proses filterasi terhadap pelamar.

 

kriteria

informasi ini sangat penting bagi pelamar dalam mengambil keputusan untuk melamar atau tidak sebuah lowongan kerja, oleh karena itu kriteria sebuah lowongan kerja harus benar - benar dipikirkan sebelum memasang lowongan kerja. sebagai contoh, bila posisi yang dibutuhkan tidak memerlukan kemampuan yang teknis akan lebih baik jika anda memasang iklan lowongan kerja dengan kriteria yang tidak terlalu tinggi sehingga banyak orang yang akan melamar pekerjaan tersebut, namun bila posisi yang dibutuhkan memerlukan kemampuan teknis maka anda bisa menyesuaikannya lagi dengan background pendidikan yang lebih tinggi. banyak perusahaan yang kesulitan mendapatkan pelamar, hal ini disebabkan karena tingginya kriteria yang dipasang dan kriteria - kriteria tersebut tidak sesuai dengan keadaan dilapangan sehingga tidak ada orang yang mau melamar pekerjaan tersebut, oleh karena itu sesuaikanlah posisi yang dibutuhkan dengan kriteria yang sesuai dengan keadaan di lapangan.

lokasi kerja

jangan pernah lupa untuk mencantumkan lokasi penempatan kerja pada iklan lowongan kerja anda supaya pelamar tahu lokasi ketika mereka bekerja nanti sehingga mereka bisa menghitung biaya dan waktu yang harus mereka capai ke lokasi tersebut setiap harinya.

cantumkan kisaran gaji

untuk membuat iklan lowongan kerja semakin menarik, anda boleh mencantumkan kisaran gaji untuk setiap posisi yang anda buka. berikan kisaran gaji yang cukup menarik tetapi masih masuk akal untuk mereka untuk menghindari persepsi bahwa perusahaan anda adalah perusahaan penipuan. jika anda mencantumkan informasi ini, saya yakin pelamar akan tertarik untuk melamar lowongan anda.

fasilitas kantor

jika perusahaan anda memberikan fasilitas kantor tambahan seperti antar jemput, asuransi, tunjangan, dan lain sebagainya maka fasilitas - fasilitas ini wajib anda cantumkan pada iklan lowongan kerja yang anda pasang untuk menambah daya tarik bagi pelamar untuk melamar ke perusahaan anda.

cantumkan alamat kantor, email dan no telp

informasi seperti alamat kantor, email, atau no telp merupakan informasi yang wajib untuk anda cantumkan pada setiap iklan lowongan kerja, informasi ini berfungsi sebagai sarana untuk menghubungi anda atau mengirimkan surat lamaran kepada perusahaan atau untuk mengkonfirmasi apakah lowongan tersebut masih terbuka atau tidak.

sumber : dari beberapa sumber