SAY NO TO HOAX - Ayo Biasakan Verifikasi Berita

Ayo Biasakan Verifikasi Berita

 

Sebelum Share ke Teman atau Orang Banyak

 

Tahukah Anda Sob di India terdapat 20 Orang Meninggal dalam waktu 2 (dua) bulan hanya karena Berita Hoax ?

 

Jadi bagi teman-teman yang gemar membagi atau share berita tanpa terlebih dahulu menverifikasi kebenarannya, yuk mulai diubah sekarang.

 

Menurut survey yang dilakukan oleh Dailysocial.id 75% Masyarakat Indonesia ternyata mengalami kesulitan untuk mendeteksi suatu berita Hoax apa tidak. Dan lebih parahnya lagi, seperti yang diinformasikan oleh Masyarakat Telematika Indonesia, 44,3% public mengaku menerima yang dilansir Hoax setiap harinya.

 

Dan diantara berita Hoax yang sering mereka terima adalah Hoax tentang Politik, SARA dan bahkan Kesehatan. Sehingga tidak heran jika banyak dari kita yang resah dengan Hoax karena dikhawatirkan mengganggu ketidakstabilan negeri.

 

Dan kembali menurut Masyarakat Telematika Indonesia Sosmed, Aplikasi Chatting dan Situs Web adalah penyumbang terbesar hoax.

 

Banyaknya hoax yang berseliweran di akun media sosial mereka ini membuat masyarakat jenuh dan kini memiliih Jurnalis dan Media yang dapat dipercaya

 

Jadi Bagaimana mendeteksi berita tersebut Hoax apa bukan ?

Sebenarnya tidak terlalu susah karena cukup dengan Mengenali Elemen Hoax dan Memverifikasi Berita tersebut maka kita bisa mengetahui apakah berita tersebut Hoax apa Bukan.

 

Hmmm kira – kira Video yang kami buat ini Hoax apa tidak ya ? Coba tonton dan Anda sendiri yang tentukan… https://www.youtube.com/watch?v=uHYsqDUyVxA