Tingkat Efektivitas Iklan Lowongan

 

SUDAH EFEKTIFKAH PEMASANGAN IKLAN LOWONGAN ANDA ?

 

 

 

 

Masih banyak konsumen yang bingung bagaimana memasang iklan lowongan yang jitu dan efektif. Karena kadang mereka merasa sudah memasang iklan di berbagai media namun respon nya masih saja kurang.

 

 

 

 

 

 

 

Untuk perusahaan besar, dalam proses rekruitmen biasanya selain menggunakan Jasa Job Seeker Agency  tapi juga memasang iklan baik di media cetak maupun portal khusus lowongan. Namun untuk perusahaan yang sedang berkembang ataupun kalangan wirausaha dengan budget terbatas, pemasangan iklan gratis di internet, penyebaran lewat sms / WA ataupun pasang iklan di media cetak masih dinilai efektif karena banyaknya jenis media cetak yang cakupannya bisa secara spesifik pada daerah mana yang dituju. Seperti iklan koran di Jawa Timur ada Jawa Pos, Radar Kediri, Radar Malang, lalu contoh Iklan koran di Jawa Barat salah diantaranya ada Radar Bekasi, Radar Karawang, Radar Bogor, Radar Depok dan lainya.

 

 

 

 

 

 

 

Oleh karena budget menjadi prioritas bagi perusahaan maupun wirausaha yang sedang berkembang, maka kali ini kami kami PUSAT PEMASANGAN IKLAN (admin@pusatpemasanganiklan.com / 021-84901480) akan membahas 3 (tiga) hal yang patut dipertimbangakan dalam memasang iklan lowongan yang jitu dan efektif :

 

 

 

 

 

 

 

1.   Sudahkah Pilih Media Cetak Yang Sesuai Dengan Target Lowongan Anda ?

 

 

 

Pertama, perhatikan lowongan kerja yang akan diiklankan. Apakah Anda membuka lowongan untuk staff seperti staf admin, keuangan, supir atau office boy ? lowongan untuk salesman ? atau lowongan untuk manager level atas ?

 

 

 

 

 

 

 

Masing-masing media cetak memiliki profile pembacanya masing-masing yang berasal dari berbagai kalangan usia, pendidikan, pekerjaan, area tinggal dan gender. Sehingga sebaiknya pilihlah media cetak yang pembacanya sesuai dengan target lowongan Anda. Contonya jika membuka lowongan Senior Manager, Anda bisa mempertimbangkan untuk berikan di Kompas. Jika Anda membutuhkan orang dari kalangan middle low untuk menjadi salesman atau sopir untuk Jabodetabek, maka beriklan lah di Pos Kota atau Warta Kota.

 

 

 

 

 

 

 

Selain pemilihan jenis Media Cetaknya, kita juga harus cermati area sirkulasinya. Apakah sesuai dengan lokasi kantor kita. Tidak sedikit kantor yang menginginkan pekerjanya tinggal disekitarnya. Misalnya kita ingin mencari staf admin untuk kantor di Bekasi. Tanyakan hal ini pada diri Anda, apakah efektif jika saya beriklan di media nasional Kompas ? Atau cukup memasang iklan di media jabodetabek yakni Poskota atau Warta Kota, atau kah saya harus memasang iklan di koran Lokal seperti Radar Bekasi ?

 

 

 

 

 

 

 

Begitu pula dengan iklan lowongan yang menyasar pekerja di daerah - daerah lain, ada kalanya beriklan lowongan di media cetak lokal lebih efektif dibandingkan media nasional.

 

 

 

 

 

 

 

Anda bisa mencari informasi lebih detail mengenai profile pembaca dan sirkulasi media cetak serta meminta pendapat dari kami Pusat Pemasangan Iklan mengenai media cetak mana yang lebih efektif. Silahkan hubungi : 021 8490 1480 atau admin@pusatpemasanganiklan.com

 

 

 

 

 

 

 

2.   Cukup dengan Iklan Lowongan Baris atau Perlu Iklan Kolom Lowongan ?

 

 

 

Tentunya iklan kolom (iklan dalam bentuk kotak) lebih terlihat mencolok dibanding iklan baris namun untuk tarif pemasangan, iklan kolom lebih premium. Para pencari kerja umumnya lebih memilih untuk  melihat terlebih dahulu iklan kolom atau display, baru kemudian melhat iklan baris. Namun bukan berarti iklan kolom selalu mendapatkan respon yang lebih besar dan lebih cepat dibandingkan iklan baris. Content iklan juga menjadi pertimbangan utama bagi para pencari kerja.

 

 

 

 

 

 

 

Berikut beberapa analisa yang bisa dipertimbangkan bagi Anda yang ingin memilih iklan baris atau iklan kolom :

 

 

 

 

 

 

 

Jika isi iklan lowongan Anda membutuhkan banyak orang dengan spesifikasi yang cukup banyak, sebaiknya pasanglah iklan kolom karena iklan kolom dapat memuat lebih banyak kata - kata bahkan jika Anda pilih iklan display, juga bisa memuat logo dan gambar. Sedangkan iklan baris dibatasi oleh maksimal baris dan karakter sehingga tidak semua bisa dimasukkan.

 

 

 

Kalaupun tetap ingin dengan iklan baris, maka cobalah singkat kata-katanya dan kurangi kalimat yang tidak perlu atau yang bisa dijelaskan lewat telpon ataupun saat interview.

 

 

 

 

 

 

 

Jika iklan lowongan hanya untuk satu jenis lowongan, coba diperhatikan kembali sisi urgency nya, jenis pekerjaan dan kriteria nya, serta persaingan dengan jenis lowongan yang sama dari perusahaan lain.

 

 

 

Jika lowongan dengan jenis pekerjaan dengan level tengah atau atas dengan persyaratan yang cukup banyak dan persaingan yang cukup tinggi, maka sebaiknya pilih iklan kolom atau display sehingga dapat memuat informasi yang lebih banyak dengan tampilan yang menarik.

 

 

 

 

 

 

 

3.   Pertimbangkan Paket Iklan Yang Lebih Murah dan Ekonomis

 

 

 

Terkadang kita harus beriklan beberapa kali untuk mendapatkan respon. Oleh karenanya tidak ada salahnya Anda bertanya apakah Media Cetak yang Anda inginkan memiliki paket iklan lowongan. Saat ini banyak media cetak yang menyajikan paket iklan dengan harga yang lebih ekonomis dan terjangkau.

 

 

 

 

 

 

 

Kelebihan paket iklan adalah tentunya lebih hemat dibandingkan dengan pemasangan satu kali namun Anda tidak bisa memilih hari karena umumnya paket iklan ini terbit berturut-turut. Paket iklan dapat berupa tarif yang didiskon lebih hemat atau mendapatkan bonus terbit yang tentunya secara budget juga lebih ekonomis.

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mendapatkan informasi paket iklan, silahkan hubungi kami Pusat Pemasangan Iklan mengenai media cetak mana yang lebih efektif. Silahkan hubungi : 021 8490 1480 atau admin@pusatpemasanganiklan.com

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

 

 

 

 

 

 

Segara Advertising