mau jual mobil ?

 

menjual mobil tidak sekedar menempelkan tulisan bahwa mobil ini dijual atau mengiklankannya di berbagai media. ada beberapa tahap yang harus anda lalui, terutama jika anda ingin mempertahankan harga jual yang bagus dari mobil tersebut.

1. cek kondisi 

sebelum mengiklankan mobil anda, lakukan beberapa persiapan agar mobil anda tampil dalam kondisi prima dan tidak mengecewakan pembeli ataupun calon pembeli pada akhirnya. 

bawalah mobil anda pada bengkel langganan dan lakukan pengecekan dan beberapa perawatan rutin seperti tune up, ganti oli, mengganti spare parts yang memang sudah selayaknya diganti. dan luangkan juga waktu untuk memeriksakan kondisi ac mobil jika dirasa kurang dingin atau  tidak bekerja sebagaimana semestinya. 

selanjutnya bersihkan mobil tersebut baik bagian luar maupun bagian dalam (interior). proses ini dapat anda lakukan sendiri, namun agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan menyeluruh, anda dapat membawanya ke tempat pencucian mobil atau salon mobil. di salon mobil, kendaraan anda tidak hanya dibersihkan tetapi juga dilakukan pemolesan (untuk baret ringan pada permukaan cat) dan wax untuk melindungi cat sekaligus membuatnya tampak mengkipal.  

setelah proses kecantikan mobil selesai, maka selain mobil anda akan tampil lebih cemerlang dan memikat dimata calon pembeli, juga mendongkrak haga jual mobil tersebut. 

2. cek harga pasaran 

carilah informasi mengenai harga jual mobil anda dipasaran. informasi tersebut bisa anda dapatkan melalui berbagai sumber seperti dealer mobil bekas, koran, dan lain-lain. setelah mendapatkannya maka tentukanlah kisaran harga mobil anda (antara sekian sampai sekian juta rupiah) berdasarkan pertimbangan dari berbagai faktor seperti kondisi mobil, jarak tempuh (kilometer), warna body, kondisi body/chasis, kaki-kaki, electrical system, power steering, performa mesin, dll. 

selain faktor tersebut, pertimbangkan pula riwayat perawatan kendaraan anda serta asuransi yang masih anda miliki. jika anda selalu merawat mobil anda di bengkel resmi dengan servis record yang lengkap, tentu harga jual mobil anda dapat lebih tinggi. 

dan karena tawar menawar sudah menjadi hal yang sangat umum dalam menjual mobil bekas, maka jadikanlah kisaran harga tertinggi yang telah anda tentukan sebagai harga pembuka (sebelum ditawar) dan bertahanlah pada kisaran harga terendah sebagai harga mati (tidak dapat ditawar lagi). terkecuali jika anda menjual mobil anda dikarenakan kebutuhan akan uang dalam jangka waktu cepat. 

tentukan cara menjual 

setelah mobil anda berada dalam kondisi siap jual, maka tentukanlah bagaimana cara anda menjualnya. dewasa ini terdapat berbagai cara untuk menjual atau mengiklankan mobil. anda dapat menjualnya dengan cara dari mulut ke mulut (menawarkannya kepada teman, yang kemudian ditawarkan lagi kepada temannya), melalui dealer mobil bekas, surat kabar (koran), atau bahkan dengan menggunakan sarana internet dan menjualnya secara online.  

kirimkankan materi anda melalui kami [email protected] dan dapatkan diskon terbaik dari kami untuk iklan mobil dijual anda. 

tentunya masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. untuk memudahkan anda dalam memngambil keputusan dalam memilih kepada pedagang (dealer) atau pemakai (end user) anda ingin menjual mobil anda, maka berikut ini adalah sedikit gambaran mengenai proses yang akan anda lalui : 

a. menjual kepada pedagang (dealer) 

menjual ke dealer paling banyak dipilih orang saat ingin menjual mobil bekasnya. biasanya pedagang akan membeli mobil yang ditawarkan tersebut walaupun kondisi mobil anda tidak sempurna seperti baru. misalnya terdapat penyok, bodi tergores, ban tipis, bahkan jika bagian ornament interior ada yang hilang atau lepas pun pedagang masih mau menawarnya. asalkan harga yang ditawarkan sesuai, dan pada saat penjualan kembali pedagang tersebut masih mendapatkan untung. 

bila dealer adalah pilihan anda saat ingin melepas mobil, ada baiknya melakukan cek harga di beberapa tempat untuk mengetahui tawaran tertinggi terhadap mobil yang anda miliki. tujuannya, agar anda mengerti nilai pasaran dari mobil anda dan anda tidak menjualnya kepada penawar termurah (jauh dibawah harga pasaran). bahwa pedagang memiliki banyak cara agar nilai mobil konsumen menjadi rendah, merupakan hal yang sangat umum.

b. menjual kepada pemakai (end user)

pilihan menjual langsung ke pembeli atau pemakai (end user) adalah alternatif yang juga sedang trend dewasa ini. proses transaksi secara hukum telah sedemikian efisien, dan dengan adanya sarana internet, maka pembeli dapat langsung berinteraksi dengan penjual tanpa harus melalui perantara. jika memilih langkah ini, penjual perlu mengiklankan mobilnya, menyiapkan kelengkapan surat kendaraan, mengatur waktu untuk test drive dan survey bagi calon pembeli, baru kemudian transaksi. pembayaran dilakukan dengan cara transfer via bank atau tunai di tempat. 

serah terima

setelah terjadi kesepakatan antara penjual dengan pembeli, maka transaksi merupakan langkah selanjutnya yang sangat penting untuk dipahami, khususnya jika anda menjualnya langsung kepada pemakai (end user).

sebaiknya gunakan cara pembayaran yang lebih aman, yaitu dengan melakukannya bersama melalui bank. dengan menggunakan cara ini maka anda dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penerimaan uang palsu pada saat pembayaran dengan cara tunai.

jangan lupa untuk membuat berita acara serah terima bahwa mobil telah anda jual dengan sah. hal ini juga ditujukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, misalnya sesuatu terjadi dengan mobil itu, dan anda dicari-cari oleh pihak berwajib karena data yang ada masih menggunakan nama dan alamat anda.

kurangnya pemahaman mengenai pengurusan surat kendaraan, system pembayaran dan sebagainya menjadi tantangan bagi penjual pemula.

semoga seluruh tips dan pandauan diatas dapat bermanfaat dan memperlancar proses serta transaksi penjualan mobil anda. 

sumber : dari berbagai sumber